Jl. Petemon III / 187B, Surabaya Jawa Timur T. (031) 9901 5203

Review Transvision XstreamaNDROID tv bOX

Untuk akhir tahun 2021 dan tahun 2002 saya merekomendasikan Android TV box Transvison Seru ini dibandingkan dengan STB indihome atau Android TV box lainnya dengan kisaran harga 300-500 ribuan.

  1. Harganya murah dengan spesifikasi yang cukup
  2. Garansi resmi 1 tahun
  3. Bonus 100 channel TV gratis selama 3 bulan
  4. Bisa tetap dipakai tanpa perlu langganan bulanan.

Spesifikasi Android TV Box Transvison

Sebenarnya ada banyak TV box dari Transvision tetapi yang akan kita bahas kali ini varian Transvision Xstream Seru yang harganya 300 dan 400 ribu rupiah. Ram 2Gb memory internal 8Gb (Rp 299.000) atau Ram 2Gb memory internal 16Gb (Rp 399.000)

Review Android TV Box Transvision Xstream Seru

Dua-duanya memiliki spesifikasi yang sama perbedaannya hanya yang satu memori internalnya 8 giga sedangkan yang agak mahal memori internal 16 giga. Bentuk fisiknya sama persis kotaknya sama semuanya sama hanya berbeda yang satu ditempeli stiker 16 giga yang lainnya 8 giga.

Spesifikasi Lengkap:

  1. SOC Chipset Allwinner H313
  2. Quadcore Arm Cortex-A53
  3. Ram 2Gb
  4. Wifi atau LAN
  5. Audio Out RCA dan Optik
  6. 2 Port USB (untuk mouse dan FD)
  7. Hdmi atau RCA video out
  8. Android 10 & Play Store
  9. Memory internal 8gb atau 16gb

2 hal penting yang membedakan Transvision ini dari STB indihome adalah versi Android dan Google Play store. STB indihome yang dijual di pasaran sebenarnya versi androidnya menggunakan Android 7 untuk yang versi lama seperti Huawei dan ZTE kotak menggunakan Android 4. Mengapa versi Android ini penting karena tanya karena aplikasi Play store sekarang sudah tidak kompatibel dengan Android 4. Memang sebagian besar aplikasi masih support Android 7 tetapi kedepannya pasti bermasalah.

Contohnya adalah aplikasi YouTube. sudah tidak bisa digunakan di STB indihome. Tapi masih bisa diakali dengan menginstal youtube lain yang bukan dari Google. Untuk saat ini memang masih bisa, tapi tidak tahu bagaimana kedepannya. Ada beberapa STB indihome yang kelihatannya menggunakan Android 10. Tetapi aslinya itu Android 7 yang menggunakan launcher Android 10 dan beberapa modifikasi sistem sehingga terlihat seperti andorid 10. Tetapi kalau kita lihat menggunakan CPU-Z yang terbaca adalah Android 7.

Play store itu penting untuk melihat netflix dan aplikasi lainnya memerlukan verifikasi dari Google Play. Tanpa Google Play store Netflix tidak akan terbuka demikian pula dengan Disney hotstar dan beberapa aplikasi lainnya. Kalau ada orang yang mengklaim dia bisa netflix tanpa perlu Play store berarti itu Netflix modifikasi. Kalau Netflix asli itu tidak lemot sementara netik modifikasi cenderung dan banyak loadingnya daripada filmnya. Internet 10 Mbps sudah cukup untuk lihat film dengan lancar. Karena masalahnya ada di server, bukan kecepatan internet. Kalau servernya banter semuanya lancar. Tetapi kalau servernya lemot mau pakai apapun juga hasilnya tetap lemot.

Dulu kita memang tidak punya pilihan lain Android TV box yang murah. Jadi, yang penting bisa YouTube meskipun tanpa playstore pun oke sekarang sudah ada Android TV box yang murah dan support Play store. Kenapa pilih yang susah ? Rubah mindset berpikir anda. Teknologi selalu berkembang. Yang dulunya mahal sekarang murah. Produk selalu berubah, yang lama digantikan dengan yang baru.

Dan informasi yang saya sampaikan sekarang ini adalah STB indihome sudah waktunya diganti dengan Transvision. Kenapa? Karena indihome tidak mengupgrade perangkatnya sesuai dengan teknologi terkini.

Android TV Box Garansi Resmi Indonesia
Garansi Resmi 1 tahun, service center juga ada di Surabaya

Processor adalah kriteria terpenting yang kami jadikan patokan untuk memilih android TV Box. Apapun tipenya, apapun mereknya, jika menggunakan tipe processor yang sama, maka performanya akan sama. Paling cuma beda bentuk dan warna. Ketika tampil di TV, hasilnya akan sama.

RAM juga penting, tetapi pilihannya hanya 2 Gb dan 4Gb. Kalo duitnya lebih, beli yang Ram 4Gb. Kalo mepet ya beli yang 2Gb. Kalo duitnya hanya cukup untuk beli yang RAM 1Gb, mendingan gak usah beli. Percuma, gak akan bisa dipakai. Malah bikin jengkel. Buka aplikasi langsung force closed. Daripada beli Ram 1Gb baru, mendingan beli yang bekas tetapi RAM 2Gb.

Kesalahan terbesar orang ketika mendasarkan pilihannya pada memori internal. Apalagi jika selish harganya cukup banyak. Perhatikan kedua produk ini:
- Android X Ram 2Gb/16Gb - Rp 300
- Android Y Ram 2Gb/32Gb - Rp 400

Android TV Box berbeda dengan HP. Perbedaannya pada aplikasi yang digunakan sehari-hari. Kita perlu banyak aplikasi untuk HP. WhatsApp, Facebook, YouTube, Chrome, Instagram, Game dan lainnya. Karena itu kita butuh memory internal yang besar. Lebih baik lagi Ramnya juga besar.

Tetapi Android TV Box tidak perlu banyak aplikasi. Cukup YouTube, Video dan aplikasi streaming saja. Sama halnya tidak nyaman lihat film di layar kecil. Demikian pula membuat Facebook di TV. Coba atur posisi HP anda di landscape, lalu buka sosmed anda. Default layar ponsel itu portrait (vertikal) sementara default TV kita landscape (horisontal).

Bagaimana performa processor Allwinner H313 ? Jawaban singkatnya lumayan bagus, standar. Jawaban panjangnya dibandingkan dengan apa, harga berapa, budgetnya berapa ? Tentu saja ada yang lebih baik dan lebih bagus dari setiap tipe processor. Tapi semuanya tergantung dari harga. Harga tidak mungkin berbohong. Kalau ada orang yang menjual harga murah kualitas istimewa, kemungkinan besar itu tipu-tipu. Atau penjualnya tidak mengerti barang.

Prosesor Allwinner H313, adalah prosesor kelas entry level. Kelas standart, kelas termurah yang masih layak dipakai. Jadi jangan berharap lebih. Yang pasti, bisa buat nonton YouTube dengan lancar, streaming film dan TV juga lancar.

Ukuran processor saat ini rata-rata di kisaran 12nm. Sementara processor kita di angka 40nm. Kecepatan rata-rata processor saat ini di angka 1.7Ghz. sedangkan TV Box kita di angka 1.2Ghz.

Selain prosesor, IU atau sistem operasi juga berpengaruh terhadap performa Android TV Box. Maksud saya bukan Android 9 atau Android 8. Tetapi user interface-nya. Android bisa bermacam-macam tetapi tampilannya bisa berbeda-beda. Karena setiap merek memiliki sistem operasi sendiri. Dengan prosesor yang sama, kecepatan dan performa nya bisa berbeda jauh. Kata orang Enteng rasanya.

Dari beberapa Android TV box yang pernah saya coba menggunakan Allwinner, user interface Transvision Xstreeam Seru terasa ringan dan cepat.

 

STB Transvision Garansi 1 Tahun

Android TV Box bukan barang yang gampang rusak. Meskipun dinyalakan 24 jam setiap hari, gak bakalan jebol. Apalagi kalo cuma 8 jam sehari. Saya yakin barang itu akan tetap nyala setahun kedepan. Berdasarkan pengalaman pribadi, TV Box saya selama ini pemakaiannya lebih dari tiga tahun.

Lalu saya jual kembali untuk diupgrade. Saya mulai dari processor dual core Ram 1Gb. Kemudian meningkat ke Ram 2Gb. Dilanjutkan dengan Quad-core Ram 1Gb sampai sekarang menjadi RAM 4gb. Total saya memiliki Android TV Box adalah 8 tahun.

Garansi merupakan nilai tambah. Barang yang bergaransi lebih aman dibeli selama harganya tidak berbeda jauh. Dibandingkan dengan Android TV Box yang ada dijual di marketplace. Semuanya tanpa garansi. Resiko ditanggung pembeli.

Gratis 100 channel selama 3 Bulan (Paket Diamond)

Harga paket Diamond Transvison Rp 189.000. Dikali 3 bulan Rp 567.000. Sedangkan harga TV Box Transvision Rp 299.000 dan 399.000.

Artinya kita dapat Android TV Box-nya gratis. Bahkan di subsidi. Dan kabar baiknya, tidak perlu langganan lagi untuk dapat menggunakan Android TV Box ini. Cukup install ATV Launcher dari Playstore. Alat ini bukan dipinjamkan, tetapi hak milik kita sepenuhnya.

Kita tetap bisa melihat siaran TV lokal dengan aplikasi Video yang gratis. Juga dapat melihat siaran luar negeri dengan aplikasi Redbox yang jumlahnya diatas 100 channel. Tetapi servernya memang tidak sebagus Transvison. Lancar tetapi kadang-kadang buffering. Memang yang namanya gratis itu selalu ada minusnya.