Jl. Petemon III / 187B, Surabaya Jawa Timur T. (031) 9901 5203

Review Set Top Box TV DigitalMatrix, Evercross, Venus, Tanaka, dll.

Harga sudah terbuka dan bisa dilihat secara online. Kebingungan kita adalah memilih merk untuk mendapatkan Set Top Box TV Digital terbaik, murah dan berkualitas. Tetangga anda pakai merk Matrix, saudara anda merk Tanaka, teman anda pakai merk Evercross…. Jadi kita mau beli yang mana ?

Jika TV anda belinya tahun 2020-2021, kemungkinan besar tidak perlu beli STB karena sudah bisa menangkap siaran TV Digital. Cek di pengaturan, pencarian jaringan dan menu DTV (Digital TV). Jika ada, tidak perlu beli Set Top Box.

Review berbagai merk Set Top Box TV Digital di Surabaya

Mengenal Set Top Box Merk Aneh-Aneh

Masalahnya bukan karena anda belum pernah dengar merk aneh ini. Tetapi karena baru di bidang ini. Tanaka adalah pemain lama di bidang parabola, tetapi tidak terkenal karena harganya yang cukup mahal. Kualitas barangnya bagus. Tidak terkenal bukan berarti jelek. Merk bisa terkenal karena viral atau murah. Terkenal tidak selalu bagus.

Jadi ada dua jenis Set Top Box yang perlu kita pahami :

  1. STB buatan Indonesia
  2. STB Import

Cara membedakannya gampang. STB buatan Indonesia garansi 1 tahun. STB import garansi maksimal 1 bulan. Itupun garansi toko, bukan garansi resmi.

Saran saya, beli yang buatan Indonesia karena garansinya lebih panjang. Gak usah kuatir, karena harganya sama dengan STB import. Kualitasnya cenderung lebih bagus daripada STB import. Hal ini patut kita syukuri dan dukung karena produksi Indonesia sudah bisa bersaing dengan barang import yang biasanya lebih murah.

STB Import Murah tapi garansi 1 bulan
STB Import hanya Garansi 1 bulan. Harganya juga sama. Paling lebih murah 5.000 saja.

Sebagai penjual, saya sendiri sering kebingungan dengan banyaknya merk baru di pasaran online. Tetapi patokan saya adalah harga. Ada STB standar dan STB Premium. Fungsi dasarnya sama, menangkap siaran TV Digital. Sama-sama bisa digunakan di TV tabung atau TV Led. Sama-sama awet, tidak gampang rusak.

Yang membedakan adalah harganya. Yang satu murah, satunya lagi mahal. Kualitas bahannya juga berbeda. STB mahal buatannya lebih halus dan lebih nyaman digunakan. Tentu saja kualitas gambarnya juga berbeda. Walaupun sama-sama bening dan tajam, Set Top Box mahal lebih nyaman di mata.

Set Top Box Polytron atau Akari adalah salah satu merk premium. Harganya sekitar 300 ribuan. Sayangnya, saya tidak pernah menjual merk ini, tetapi sudah bisa menebak hasilnya pasti bagus. Apa ada yang beli pak ? Jelas ada, dan jumlahnya banyak. Yang pasti, mereka tidak beli di tempat saya.

Review Set Top Box Matrix Apple / Garuda

Matrix adalah pemain lama di bidang parabola yang teknologinya sama dengan TV Digital. Penduduk desa dan kota kecil pasti tahu merk ini. Karena mereka biasanya menggunakan parabola untuk nonton siaran TV analog.

Walaupun saat ini, pemerintah kita gembor-gembor akan mematikan siaran TV analog di kota besar. Mereka masih tetap menggunakan TV analog. Mengapa ? Karena siaran digital hampir tidak bisa di tangkap di daerah mereka. Bahkan untuk mendapatkan TV lokal yang bagus pun harus menggunakan parabola.

Ada 3 varian Matrix DVB-T2 :

  1. Matrix Kuning – paling murah
  2. Matrix Silver
  3. Matrix Merah - paling mahal

Penjual marketplace sering mengelabui pembeli dengan menggunakan gambar matrix merah harga matrix kuning. Ketika kita “ klik Beli “ harus memilih varian produk. Di deskripsi, harganya 180.000, varian Matrix Kuning. Ketika dipilih varian Matrix Merah, harganya berubah menjadi 230.000.

Apakah ada perbedaan signifikan antara 3 varian ini ? Harusnya ada. Pengalaman saya membandingkan Matrix Silver dengan Matrix Merah adalah jumlah siaran yang diterima. Matrix merah, yang lebih mahal dapat channel lebih banyak daripada matrix silver. Di lokasi yang sama, dengan antena yang sama. Matrix Merah bisa menangkap SCTV dan Antv. Sedangkan matrix silver tidak dapat.

Kok bisa ? Kemungkinan besar karena chipset yang digunakan lebih baik sehingga daya tangkapnya lebih kuat. Padahal spesifikasinya sama, yang berbeda hanya memory. Matrix Silver 4Mb sedangkan Matrix Merah 8Mb. Bisa jadi, komponen lainnya yang berbeda.

Yang pasti, tampilan menu-nya berbeda. Istillah kerennya UI atau User Interface. Kecenderungan kita, saat ini adalah gambar. Semakin banyak gambarnya, terlihat semakin menarik dan modern. Karena kita terbiasa menggunakan HP android. Kalo tampilannya lebih banyak tulisan, kesan yang kita dapatkan kuno. Gambar memakan banyak memory daripada tulisan.

Dengan jumlah memory yang sama, rata-rata STB yang beredar di pasaran memiliki memory 4Mb, prosesnya lebih cepat STB yang tampilannya text. Tekan tombol di remote langsung berpindah, tidak ada delay. Lagipula, menu bergambar jarang dipakai, paling cuma utak-atik awal saja. Setelah itu tombol remote yang sering kita gunakan Volume dan Channel Up/Down saja.

Rekomendasi saya, kalau punya uang lebih, beli Matrix Merah saja. Kalau dana-nya mepet, beli Matrix Silver atau Kuning. Perbedaan harganya :

Mengenai Fitur Youtube, TikTok, IPTV, MeeCast dan lainnya

Untuk bisa lihat Youtube dan lainnya kita harus menghubungkan STB ini dengan internet. Caranya ada 2 :

  1. Beli USB Wifi Dongle
  2. Menggunakan HP sebagai Modem

Tentu saja cara paling mudah tetapi tidak murah adalah beli Wifi. Tinggal dipasang, lalu masukkan password wifi. Beres !

Saya pernah coba menggunakan HP Xiaomi, disambungkan ke STB dengan kabel charger, tetapi tidak berhasil. Anda bisa cari tutorialnya di Youtube, siapa tahu bisa berhasil.

Menu Tampilan STB
Tampilan Menu Set Top Box Evercross. Murah tapi tetap keren. Diluar ekspetasi saya

Tidak semua USB Wifi bisa dipasang di Set Top Box, harus tipe tertentu. Biasanya kalo bisa untuk satu merek, pasti bisa di merek lainnya. Kalo tidak bisa, kemungkinan besar juga tidak bisa di merk lainnya.

Bagaimana kualitas video Youtube di Set Top Box ? 480p. Bukan HD. Mengapa ? Karena processor nya gak kuat, GPU-nya gak kuat, memory-nya juga gak cukup. Resolusi 480p ini sudah cukup jelas di mata kita. Tidak benar-benar tajam, tapi tidak merusak mata. Untuk TV tabung, resolusi 480p dan 720p tidak ada bedanya, karena kemampuan TV tabung mentok di 480p. Sebagai perbandingan, lihatlah video dengan resolusi 360p di HP. Pasti tetap bagus dan jelas. Kabar baiknya, pemakaian kuota internet jauh lebih hemat.

Tetapi kalo maksa mendapatkan Youtube resolusi 720p, maka anda harus beli merk Venus Cabe Rawit. STB ini bisa memilih resolusi SD atau HD. Harganya pun sama dengan Matrix Garuda Merah.

Ada 2 metode yang digunakan untuk memutar Youtube di Set Top Box. Metode ini bawaan-nya pabrik. Tidak bisa dipilih.

  1. Video didownload, kita tunggu 5-15 detik, baru keluar gambarnya secara otomatis. Kalo internetnya lemot-cepet-lemot-cepet, videonya akan berhenti lalu play lagi.
  2. Video didownload dan play bersamaan. STB Evercross menggunakan sistem ini. Jadi begitu kita tekan tombol play, akan langsung keluar gambarnya. Kalo wifi nya banter, videonya lancar. Gak mandek-mandek.

Pertanyaanya, apakah worthed membeli wifi dongle ? Bagi saya, dengan HP sebagai saingan utama, gak worthed deh. Karena gak nyaman blas. Buka hp, scroll dengan jari kita, langsung play deh videonya. Seraching pake jempol juga cepat. Sementara kalo pake STB, pilih huruf-nya saja 1 menit. Nunggu videonya 1 menit. Cape deh !

Begitu juga dengan aplikasi TikTok, IPTV dan lainnya. Selama anda tidak keberatan dengan mbak Lola (LOading LAma), dongle wifi boleh dipertimbangkan. Tetapi sebaiknya tidak dijadikan kriteria utama memilih Set Top Box. Karena ada alat lain yang lebih baik dengan harga yang juga murah. Android TV Box.

Mana alat yang lebih tepat untuk kebutuhan kita ? Set Top Box atau Android TV Box ? Pertimbangannya :

Kita bisa melihat TV lokal melalui android TV Box menggunakan internet. Walaupun siarannya real time, tetapi ada delay 1-2 detik. Tahunya kalau lagi nonton bola. Tetangga sebelah kita teriak “Goool”, sementara di TV kita belum gool. Tolah-toleh kayak orang goblok….

Kelebihannya jelas di fungsinya yang lebih banyak. Liat Youtube lancar dan nyaman, bisa liat TV luar negri, bisa nonton film, baik “film dewasa” atau film anak-anak. Jaminan 1000% liat film dari flashdisk, format apapun bisa di play. Siaran TV tetap lancar walaupun hujan badai. Tapi android tv box akan jadi goblok kalo wifi-nya mati ! Gak bisa dibuat apa-apa.

IPTV adalah Internet TV. Judulnya keren tapi isinya zonk semua. Begitu di klik, gak terjadi apa-apa. Tidak ada TV yang muncul. Karena kita harus memasukkan URL IPTV dulu. Cara kerja IPTV adalah download TV dari server internet. Jadi kita harus tahu dulu alamat server dulu. Masalahnya adalah lebih banyak alamat palsu. Kenapa ? Karena sewa server itu bayar bos !!

Memang benar ada IPTV Gratis ! Tapi susah carinya dan mereka suka pindah alamat. Diusir ibu kos karena menghabiskan bandwith server. Kalo bayar gimana ? Tidak tahu, karena saya aliran gratisan.

Review STB Evercross, Advan, Venus, Tanaka dan lainnya

Mengapa Evercross yang genre-nya HP pindah ke dunia TV digital ? Karena dunia HP kejam dan berat ! Modal gede untung tempe. Dunia teknologi memang keren, tapi cepet bikin kere.

BTW, STB Evercross ini bagus loh. Harganya lebih murah dari Matrix, tapi sudah pake casing besi. Biasa, pemain baru yang agresif, yang penting dikenal dulu. Untung belakangan gak apa-apa. Tapi tak jamin, kedepannya gak bakalan untung dan tahan lama. Ini perusahaan Hit and Run. Begitu ada peluang, masuk lalu obrak-abrik pasar. Setelah hancur ditinggal !

Sisi positifnya, bagi kita para konsumen adalah memanfaatkan kesempatan. Tentu saja si EC ini di awal kemunculannya memperhatikan kualitas produknya. Jumlah channel yang diterima lebih banyak dari Matrix Silver. Bisa dapat SCTV loh ! Harganya pun lebih murah daripada si Matrix Silver.

Sebagaimana merek Matrix, setiap merk punya beberapa tipe yang harganya bervariasi. Tapi pola-nya kurang lebih sama. Murah dan mahal. Evercross ada tipe Mega Box yang harganya lebih murah daripada tipe PRO. Merk Venus ada tipe cabe rawit, cabe rawit-H5, Venus Brio. Dengan harga yang lebih mahal, kita akan mendapatkan receiver DVB-T2 yang lebih peka dengan gambar yang lebih halus.

Jadi, mau beli STB yang mana ? Murah, berkualitas dan terbaik ? Beda tipis bro… Tanaka atau Matrix ? Evercross atau Advan ? Matrix Merah atau Matrix silver ? Bingung ? Takutnya jelek….

Pada intinya, semua merk bagus. Tidak ada yang namanya beli STB hari ini, besok rusak. Atau bulan depan rusak. Atau 3 bulan rusak. Gak ada itu ! Memang benar ada barang yang akan rusak… Kemungkinannya 2%, sisanya 98% baik-baik saja.

Tapi, kalau anda minta pendapat saya, dengan dana yang mepet beli merk Evercross ae bro. Bagus barangnya, harganya murah. Seandainya dibandingkan, kualitasnya hampir sama dengan Matrix Silver, bahkan remote-nya pun bisa ditukar. Menurut saya, chipset-nya sama cuman baju-nya aja yang beda.

Jika kita melihat spesifikasi STB Evercross di situs resminya, tidak ada perbedaan antara tipe MAX dengan tipe PRO. Sama-sama Full HD, DVB-T2, EWS, 10 Watt dan lainnya. Disan produknya saja yang berbeda. Walaupun harganya cuma selisih 10 ribu saja. Menurut saya, ini hanya strategi marketing saja untuk meningkatkan penjualan.

Yang jelas berbeda adalah tipe STB Evercross dos putih. Spesifikasi dayanya cuma 5 Watt, DC 5 Volt 1 Ampere. Body-nya plastik. Artinya:

  1. STB ini bisa dinyalakan dengan cas HP yang umumnya DC 5 Volt.
  2. Juga bisa menggunakan power bank. Tetap bisa menyalakan STB ketika lampu mati….. Hihihihi…
  3. Idealnya menggunakan penguat antena karena pasti daya tangkapnya tidak sekuat yang 10 Watt
  4. Lebih hemat daya listrik...walaupun gak kacek. Tapi kan bisa dijadikan jargon marketing.

Kalau mau satu tingkat lebih tinggi, beli Matrix Merah, Venus atau Tanaka. Apa lebih baik ? Iya. Beda, tapi tidak banyak. Lebih cepat dan lebih banyak channel. Untuk kualitas gambarnya tidak terlalu beda. Mungkin tidak ada bedanya, atau mungkin mata saya sudah lelah…

Hayooo… Pilih merk Matrix atau Venus ? Venus atau Tanaka ? Jelas para pengguna parabola memilih satu dari tiga merk ini. Gak bakalan doyan dengan Evercross, Evinix atau Advan. Merek apaan tuh ?

STB Evercross vs Tanaka
Pemain baru Evercross yang lagi beramal. Casing besi, memory 4 Mb, antenna kuat. Kualitas setara Tanaka/Matrix Silver

Kalo saya pilih Venus atau Tanaka karena ada colokan audio out. Walaupun jenisnya audio digital, tetap jenis ini adalah solusi terbaik untuk TV yang tidak ada audio outnya. Memang secara kasat mata, cuman itu saja kelebihan STB Venus daripada Matrix Merah. Harganya 11-12 lah, kurang lebih sama di angka 240.000

Tergantung dengan seri STB nya. Untuk merk Venus, tipe Cabe Rawit spesifikasinya setara dengan merk Tanaka HD. Harganya sekitar Rp 240.000. Jika mau yang lebih murah, boleh pilih Tanaka T2 atau Venus Cabe Rawit H5. Harganya sekitar 200 ribuan. Masing-masing kelas spesifikasinya sama. Tidak adil jika membandingkan Venus Cabe Rawit dengan Tanaka T2. Bukan satu kelas dan harganya pun berbeda.

Apa kelebihan STB Venus dibandingkan dengan STB Tanaka ? Dari segi fungsi, hampir tidak ada perbedaan mencolok. Hanya masalah selera dan kebiasaan. Ada yang suka karena bentuknya saja. Ada juga yang suka karena rekomendasi orang lain. Dan juga ada yang suka karena terpesona penjualnya. ^-^’

Bagaimana dengan STB Polytron ? Apakah recomended beli ? Jawaban saya, iya. Tapi saya tidak jual STB Mahal. Pasar saya di kampung, kelas menangah. Gak laku barang sing mahal di sini. Polytron itu pasarnya dalam negri dan luar negri. Jadi mereka gak mau jual barang terlalu murah di sini. Lagipula segmentasi pasarnya banyak, semua peralatan elektronik. Bukan cuman STB saja. SOP produknya standar luar negri. Bukan SNI abal-abal. Makane mahal.

Cara Pasang Set Top Box

Meskipun caranya gampang, masih banyak orang yang sering gagal paham. Pada intinya cara pasang STB itu sama dengan cara pasang DVD. Colok listrik, terus ganti ke MODE AV (kalau menggunakan RCA) atau ke MODE HDMI (kalau pakai kabel HDMI)

Yang sering kelupaan adalah memindah antena dari TV ke Set Top Box. Ini penyebab utama STB tidak dapat siaran TV Digital. Kalau dapat sedikit, coba geser antenna indoor. Idealnya menggunakan antenna outdoor. Kalau keluar suara saja, tidak keluar gambar, berarti anda jauh dari tower TV Digital. Solusinya beli penguat antena TV Digital.

Cara pasang Set top box tv digital
  1. Pindahkan antenna dari TV ke Set Top Box.
  2. Ada 2 colokan antena, kalo tidak bisa masuk, berarti sebelahnya. Pasti bisa masuk. Biasanya di tulisan ANT IN atau RF IN
  3. Pasang kabel Merah-Putih-Kuning ke TV dan STB. Atau kabel HDMI. Ingat tulisannya di HDMI 1, HDMI 2, AV1 atau AV2
  4. Colokan STB ke stok kontak listrik, biasanya LCD STB akan menyala atau muncul tulisan boot.
  5. Nyalakan TV, pindah mode (biasanya gambar kotak dan panah) di remote TV. Pilih AV1 atau HDMI1, seusai dengan colokan di TV
  6. Seharusnya di TV anda akan muncul siaran TV Digital
  7. Untuk pindah channel, gunakan remote STB ya.

Apa fungsi RF Loop yang bentuknya seperti colokan antena ? Tapi gak isa masuk kan…. He...he...he…

Antena anda kan 1 biji. Dari TV pindah ke STB. Karena TV anda gak ada antena, maka sekarang kita gak isa liat TV analog. Solusinya adalah colokan RF Loop ini. Gampangnya, untuk pararel antena. Satu antena untuk 2 perangkat.

Karena konektornya berbeda, maka kita harus beli konektor lagi. Satu dipasang di STB, ujung satunya ke TV. Jadi sekarang bisa liat TV analog atau TV digital dengan satu antenna. Gak usah pindah-pindah antena dari STB ke TV.

KESIMPULAN

Tidak ada perbedaan yang mencolok antar merk Set Top Box yang beredar di pasaran. Sebaiknya anda beli yang buatan Indonesia karena Garansi 1 tahun. Harga STB paling murah 180.000 kemudian naik per kelas per 20.000.

Dengan harga yang lebih mahal sedikit, peningkatan performanya juga naik sedikit. Tinggal pilih mau beli yang harga 180 ribu, 200 ribu, 220 ribu atau 240 ribu ? Gak usah bingung, liat dompet, terus beli yang sesuai isi dompet. Gak usah kuatir rusak karena Garansi Resmi 1 tahun.

Kalo masih ragu juga, silahkan datang ke Toko28.com. Boleh dicoba dan dibandingkan langsung. Cocok baru bayar.